Halalbihalal bersama Ribuan Guru, Ansar Paparkan Berbagai Program Strategis di Bidang Pendidikan

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad bersilaturahmi dalam acara Halalbihalal bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Tanjungpinang. (Foto: kepriprov)

TANJUNGPINANG (advetorial) – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad bersilaturahmi dalam acara halalbihalal bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Tanjungpinang di hari terakhir Bulan Syawal 1445 Hijriah, Kamis (9/5/2024). Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Wan Seri Beni Dompak, Tanjungpinang.

Acara yang mengusung tema “Membangun Persatuan dan Kesatuan Bangsa” ini juga dihelat untuk mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dengan para tenaga pendidik di Kota Tanjungpinang.

Di awal sambutannya, Gubernur Ansar Ahmad mengapresiasi peran penting para guru dalam mendidik generasi muda Kepulauan Riau khususnya di Kota Tanjungpinang. Ia juga menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah provinsi dan para pendidik untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Kepulauan Riau.

“Para guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi muda yang berkualitas. Kerja sama antara pemerintah provinsi dan para pendidik sangatlah penting untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di Kepulauan Riau,” ujar Gubernur Ansar Ahmad.

Di hadapan para tenaga pendidik, Gubernur Ansar juga menyampaikan berbagai program pendidikan yang telah digasa oleh pemerintah Kepri dalam kurun waktu 3 tahun ia menjabat sebagai gubernur.

Seperti, penguatan terhadap guru menjadi fokus utama pemerintah, dengan kenaikan gaji serta insentif bagi guru swasta. Di samping itu, pemerintah juga memberikan perhatian khusus pada tunjangan beban kerja pengawas sekolah, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga tidak melupakan penguatan terhadap sarana prasarana pendidikan, dengan melakukan revitalisasi gedung sekolah atau bangun gedung sekolah baru.

“Tidak hanya itu, Pemprov Kepri juga memberikan perhatian kepada siswa melalui berbagai bantuan, antara lain bantuan transportasi bagi siswa tidak mampu, seragam sekolah gratis dan bantuan SPP gratis di tahun 2025 bagi siswa SMA, SMK dan SLB,” paparnya.

Dukungan kepada mahasiswa juga tidak luput dari perhatian pemerintah Kepri, dengan memberikan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa S1/D4/D3 dengan anggaran Rp 4,5 miliar di tahun 2024 atau Rp 3 juta per mahasiswa.

“Tentu saja berbagai program tersebut tak dapat diraih tanpa kerja keras bersama kita semua. Mari kita tingkatkan rasa cinta kita terhadap daerah Negeri Segantang Lada melalui kebersamaan, kolaborasi dan kerjasama dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkesinambungan sehingga Kepulauan Riau dapat makmur, berdaya saing dan berbudaya,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua PGRI Kepulauan Riau Parida, Ketua PGRI Tanjungpinang H. Iskandar, Tim Percepatan Pembangunan Kepri, para pimpinan OPD Kepri, para pimpinan OPD Tanjungpinang, para guru di Kota Tanjungpinang dan seluruh kepala sekolah SMA di Tanjungpinang. KG/red