Ketua DPRD Kota Batam Sambut Hari Santri dengan Harapan Besar

Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, SH, MH Menerima Audensi Panitia Hari Santri Nasional Kota Batam Tahun 2023.

BATAM – Hari Santri, yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober, menjadi momen tahunan yang dinanti para santri di seluruh Indonesia. Di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, tema untuk peringatan ini adalah ‘Jihad Santri, Jayakan Negeri’.

Sebanyak 10 ribu santri dari 68 pesantren di Kota Batam akan ikut serta dalam perayaan ini. Nur Rahmansyah, Ketua Panitia Hari Santri Kota Batam, menjelaskan bahwa terdapat tiga agenda utama yang akan dilaksanakan.

Agenda pertama adalah perlombaan olahraga yang akan diikuti oleh 1.000 peserta. Kemudian, kegiatan Kemah Santri akan diselenggarakan di Pantai Nuvansa Bay Nongsa pada 15-17 Oktober 2023.

Puncak acara akan dilaksanakan dalam Upacara Hari Santri yang akan berlangsung pada tanggal 22 Oktober 2023 di dataran Engku Putri, Batam Center, dengan dihadiri oleh 10 ribu santri.

Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto S.H., M.H., menyambut baik perayaan Hari Santri 2023 ini. Dia berharap para santri dapat menjadi generasi penerus yang penting bagi masa depan Indonesia, terutama Kota Batam.

Nuryanto juga memberikan penghargaan kepada pengurus pondok pesantren, para santri, dan panitia penyelenggara yang telah sukses dalam menyelenggarakan peringatan Hari Santri 2023 di Kota Batam. Hal ini juga mencerminkan pertumbuhan yang pesat dalam jumlah pondok pesantren di Batam.

Ia berharap pondok pesantren dapat melahirkan generasi santri yang beriman dan bertakwa, mengingat bahwa pondok pesantren adalah tempat pembelajaran bagi santri.

Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober adalah momen yang diharapkan untuk selalu dirayakan setiap tahun. Hari Santri Nasional telah dirayakan sejak tahun 2015.

Pemilihan tanggal 22 Oktober untuk Hari Santri Nasional mengacu pada peristiwa bersejarah saat Pahlawan Nasional KH Hasyim Asy’ari membacakan seruan pada 22 Oktober 1945. Seruan ini memerintahkan umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu (Inggris) yang ingin menjajah Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.

Tujuan peringatan Hari Santri adalah untuk mengenang perjuangan para santri dan ulama dalam mempertahankan keutuhan dan kemerdekaan Indonesia. Seruan “Resolusi Jihad” yang digelorakan oleh para ulama menginspirasi semangat jihad dan cinta tanah air.

Dengan tema “Jihad Santri, Jayakan Negeri,” peringatan Hari Santri di Kota Batam bertujuan untuk memperingati semangat jihad dan perjuangan para santri dalam memajukan negara. KG/MB