Kompor yang Terlupakan Sebabkan Rumah Kebakaran

Tampak Rumah di Etang, Desa Air Putih Saat Terbakar. (Foto: kas)

ANAMBAS – Desa Air Putih, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, menjadi saksi peristiwa tragis kebakaran yang menghanguskan seluruh rumah seorang warga di Dusun Etang.

Kejadian ini terjadi pada Jumat, 27 Oktober 2023, sekitar pukul 08.00 WIB.

Kebakaran yang menghanguskan seluruh rumah tersebut disebabkan oleh kelalaian dalam mematikan kompor masak.

Tri, seorang warga yang berada di lokasi saat peristiwa berlangsung, memberikan kesaksiannya tentang kejadian mengerikan ini.

“Penyebabnya itu kompor masak dari dapur yang lupa dipadamkan apinya, kejadian cepat, mungkin karna faktor angin juga ditambah lagi rumah itu kan terbuat dari kayu,” ungkapnya ketika dihubungi via telepon.

Rumah yang menjadi korban kebakaran adalah milik Jakfar Asmadi (51), seorang warga Etang, Desa Air Putih, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Namun, saat kejadian berlangsung, Jakfar tidak berada di rumah.

Tri, yang mendengar suara ledakan yang diduga berasal dari kompor, menjelaskan kronologi kejadian tersebut.

Pada pukul 07.30 WIB, istri pemilik rumah sedang memasak di dapur. Setelah menyelesaikan memasak, ia pergi ke rumah tetangga untuk mencuci pakaian kotor karena saat itu air bersih tidak mengalir di rumahnya.

“Namun, pada pukul 08.00 WIB, anak pemilik rumah yang masih tertidur merasa panas dan segera berlari keluar. Dia mengetahui bahwa dapur rumahnya sudah terbakar, dan karena rumah tersebut telah berusia tua dan banyak kayunya yang lapuk, api dengan cepat membesar,” jelas Tri.

Berita baiknya, dalam peristiwa tragis ini, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Namun, rumah yang terbakar hanya menyisakan tiang-tiang yang telah menjadi arang.

Kejadian ini menegaskan pentingnya kesadaran dan kewaspadaan dalam memastikan kompor dan peralatan masak lainnya telah dipadamkan setelah digunakan untuk mencegah kebakaran serupa di masa depan.

Semoga peristiwa ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua tentang pentingnya menjaga keamanan di rumah. (KG/Kas)