Letkol Laut Ibni Jauhari Pimpin Upacara Parade HUT ke-78 TNI di Tarempa

Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Ibni Jauhari, S.E., M.M Bertindak Selaku Irup Saat Upacara HUT ke-78 TNI. (Foto: kas)

ANAMBAS – Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan Hari Ulang Tahun ke-78 dengan suatu upacara megah di Pangkalan TNI AL Tarempa, yang terletak di Jl. Hangtuah Tarempa.

Upacara ini, yang berlangsung pada tanggal 5 Oktober 2023, menjadi peristiwa yang bersejarah dan mengesankan.

Inspektur Upacara pada acara tersebut adalah Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Ibni Jauhari, S.E., M.M.

Sementara itu, Komandan Upacara dijabat oleh Kapten (Inf) Irman Manurung, Danramil 02/Tarempa, dan Komandan Defile oleh Lettu Laut (P) Wahyudi, Dan Kal Baruk Lanal Tarempa.

Pasukan upacara terdiri dari perwakilan personel dari Lanal Tarempa, Koramil jajaran Kodim Natuna di Kabupaten Anambas, Polres Anambas, serta Kompi gabungan dari Damkar, BPBD, Satpol PP, HNSI, KNPI, dan Pramuka Saka Bahari. Tak hanya itu, Drum Band siswa-siswi MAN/MTs Fatahilah juga turut berpartisipasi, menambah semarak acara.

Dalam pernyataannya, Danlanal Tarempa menyatakan bahwa pemilihan lokasi upacara di Jalan Protokol Tarempa memiliki tujuan untuk lebih mendekatkan TNI dengan masyarakat.

“Kita ketahui bersama, bahwa selama dua tahun terakhir, kegiatan upacara HUT TNI di Tarempa tidak dapat diselenggarakan secara terbuka untuk umum karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan akibat penyebaran virus Covid-19. Oleh karena itu, tahun ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengadakan upacara HUT TNI secara terbuka,” ujar Letkol Laut (P) Ibni Jauhari.

“Meskipun sederhana, peringatan HUT TNI ke-78 tahun ini lebih lengkap dengan adanya defile pasukan yang menjadi atraksi tersendiri dengan membawa pesan kerjasama yang solid dan kekompakan serta sinergitas antara TNI, Polri, dan komponen masyarakat lainnya,” sambungnya.

Setelah upacara, rangkaian peringatan HUT TNI dilanjutkan dengan kegiatan tasyakuran, termasuk pembacaan doa, pemotongan tumpeng, dan panggung hiburan prajurit di Gedung BPMS Jl. Hang Tuah Tarempa.

Peringatan HUT ke-78 TNI tahun ini mengangkat tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, dan dihadiri oleh masyarakat serta dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Anambas, Instansi vertikal, tokoh masyarakat, serta para tamu undangan lainnya. Beberapa di antaranya adalah Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Sekda, DPRD, Wakapolres, Danramil 02/Tarempa, Lanudal Matak, Cabjari, Kesbangpol, Damkar, BPBD, Imigrasi, Bea Cukai, PSDKP, Satpol PP, Polsek Siantan, BRI, Bank KPRI, Ketua Lam, LKKPN Pekanbaru di Tarempa, dan lainnya.

Acara ini menunjukkan rasa solidaritas dan perayaan yang meriah untuk menghormati peran TNI dalam menjaga demokrasi dan kemajuan Indonesia.

Semoga semangat kebangsaan ini terus berkobar di seluruh negeri. (KG/Kas)