Peluncuran Pelayaran Perdana KM Damai Lautan Nusantara Dihadiri Wakil Ketua III DPRD Kota Batam

Wakil Ketua III DPRD Kota Batam, Ahmad Surya menghadiri Lauching Pelayaran Perdana KM Damai Lautan Nusantara (DLN) dari Jakarta tujuan Pelabuhan Batam ke Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Pelayaran perdana ditandai dengan pemotongan pita, Jumat, 13 Oktober 2023. (F: hum)

BATAM – Wakil Ketua III DPRD Kota Batam, Ahmad Surya, turut hadir dalam acara peluncuran pelayaran perdana KM Damai Lautan Nusantara (DLN) yang berlayar dari Jakarta menuju Pelabuhan Batam dan kemudian ke Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Momen peluncuran ditandai dengan pemotongan pita dan berlangsung di Dermaga Bintang 99, Batu Ampar, Batam.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua III DPRD Kota Batam, Ahmad Surya, menyampaikan harapannya bahwa dengan beroperasinya pelayaran PT DLN yang melayani rute Jakarta-Batam-Belawan ini, pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut dapat meningkat. Ahmad Surya, yang merupakan kader Partai Gerindra, juga mengharapkan bahwa KMP DLN Nusantara dapat menjadi alternatif transportasi bagi masyarakat, terutama mengingat biaya tiket pesawat yang saat ini cukup tinggi.

Menurut informasi yang kami terima, pelayaran ini akan melayani rute Jakarta-Batam-Belawan dan sebaliknya. Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, juga turut hadir dalam acara tersebut dan meresmikan pelayaran ini dengan pelepasan burung merpati ke udara.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Direktur PT Damai Lautan Nusantara (DLN), Charda Damanik, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau, Mulyadi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, serta sejumlah unsur Muspida dan regulator lainnya.

Chadra Danamik, Direktur Operasional PT DLN, menjelaskan bahwa KMP DLN Nusantara memiliki kapasitas angkut hingga 750 penumpang dan 250 unit kendaraan jenis campuran. Tarif pelayaran ini juga dikenal terjangkau, berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 20.700.000 tergantung pada penumpang dan jenis kendaraan. Kapal ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, termasuk ruang makan, kantin, ruang merokok, dan taman bermain anak-anak.

Diharapkan, kehadiran KMP DLN Nusantara akan memberikan alternatif transportasi yang lebih terjangkau dan kelancaran bagi calon penumpang yang memiliki tujuan dari Batam ke Jakarta atau Batam ke Belawan. Selain itu, pelayaran ini juga akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membawa kendaraan mereka dalam perjalanan. ggm/mb