Pemkab Anambas Memperingati HSP ke-95 dengan Tema “Bersama Majukan Indonesia”

Sambutan Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH. MH pada Upacara HSP ke-95. (Foto: kas)

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) yang ke-95 di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Anambas pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

Upacara ini bertemakan “Bersama Majukan Indonesia” dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Kepulauan Anambas yang menerima piagam penghargaan dari pemkab.

Suasana pengibaran bendera merah putih. (Foto: kas)

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, yang juga bertindak sebagai pembina upacara, membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Abdul Haris mengingatkan pentingnya momentum ini sebagai pengingat sejarah gotong-royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebarkan semangat jiwa patriotisme dan menyatukan visi kebangsaan, yang tercakup dalam Sumpah Pemuda 1928.

Sumpah Pemuda yang berisi komitmen untuk bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia, tetap menjadi tonggak sejarah yang harus dijunjung tinggi.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, bertindak sebagai pembina upacara. (Foto: kas)

Bupati juga mengajak setiap pemuda untuk memiliki visi dan misi serta peran strategis dalam pembangunan Indonesia untuk 30 tahun mendatang, dengan harapan agar pembangunan dapat berjalan lebih cepat.

Ia menekankan bahwa kolaborasi, tolong-menolong lintas generasi, dan gotong-royong lintas sektor adalah strategi paling ampuh untuk mencapai tujuan tersebut.

Pesan dari Bupati Abdul Haris juga sejalan dengan amanah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor, yang bertujuan untuk efektif mencapai Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

“Oleh karena itu, pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus bersatu, melibatkan semua stakeholder, termasuk kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota, organisasi kepemudaan, komunitas, dan elemen-elemen lainnya,” seru Abdul Haris.

Berfoto bersama usai upacara. (Foto:kas)

Bupati juga menekankan harapannya agar momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi sumber inspirasi bagi semua elemen dalam upaya memajukan negeri Indonesia yang tercinta.

“Marilah kita jadikan momentum ini sebagai penyemangat dalam berkolaborasi memajukan negeri ini,” pungkasnya.

Dengan semangat tersebut, peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi sarana yang berarti dalam upaya bersama memajukan Indonesia. (KG/Kas)