Sahtiar: Penentuan Prioritas Program DAK dan DAU SG untuk Kesejahteraan Masyarakat

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, SH., MM. (Foto: kas)

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas secara aktif mendorong percepatan pelaksanaan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum Spesifik Grand (DAU SG) untuk tahun anggaran 2023.

Hal ini menjadi fokus utama dalam rapat koordinasi (rakor) yang digelar di Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati Kepulauan Anambas pada hari Rabu, 04 Oktober 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, dengan tegas menyatakan bahwa anggaran untuk program DAK dan DAU SG tahun ini tidak mengalami kendala yang berarti.

Oleh karena itu, ia mengupayakan agar program ini segera dilaksanakan tanpa penundaan lebih lanjut. Waktu yang tersisa untuk pelaksanaan program tinggal tiga bulan, dan hal ini menjadi alasan kuat untuk menjalankannya secepat mungkin.

“Kita mendorong supaya pelaksanaan DAK dan DAU SG itu untuk segera dilaksanakan dan tidak perlu menunggu lagi karena anggaran untuk DAK dan DAU SG itu tidak ada masalah, dan kita juga mengingatkan waktu yang tinggal 3 bulan, Jadi jangan sampai pelaksanaan DAK dan DAU SG itupun jadi terkendala,” ucap Sahtiar dalam pernyataannya setelah rapat.

Ia juga menekankan bahwa semua kegiatan yang tercakup dalam program DAK dan DAU SG ini memiliki tujuan yang sangat penting, yaitu memberikan dampak yang signifikan kepada masyarakat.

Program ini telah ditetapkan sebagai prioritas oleh pemerintah pusat, sehingga pelaksanaannya harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Dalam program DAK, terdapat beragam jenis kegiatan, baik yang bersifat fisik maupun non-fisik, seperti peningkatan kualitas guru dalam sektor pendidikan.

“Menurut saya, bahwa penentuan prioritas ini merupakan kebijakan yang harus diikuti, karena hal ini dipandang sebagai langkah yang akan membawa dampak positif yang signifikan bagi masyarakat,” ujar Sahtiar.

Rapat koordinasi ini menjadi langkah awal yang sangat penting dalam memastikan kesuksesan pelaksanaan program DAK dan DAU SG tahun 2023.

Dengan kerja sama yang baik antara semua pihak terkait, diharapkan pengembangan sektor perekonomian daerah dapat tercapai dengan lebih baik.

Ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Kesuksesan program ini menjadi prioritas utama bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dalam mewujudkan pembangunan yang berdaya guna dan berkelanjutan. (KG/Kas)