Turnamen Esports KNPI Cup 2023 di Kepulauan Anambas Sukses Digelar, Ini Pemenangnya

Foto Bersama Saat Acara Penutupan Turnamen Esports KNPI Cup 2023. (Foto: WNY)

ANAMBAS – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Anambas, Sahtiar, SH., MM resmi menutup Turnamen Esports KNPI Cup 2023 Selasa (8/8/2023) malam di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS) Tarempa.

Turnamen esports ini sukses diikuti oleh puluhan tim atau squad, dan merupakan hasil kerjasama antara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dengan pemerintah daerah dan ESI Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam sesi wawancara, Sekda Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, menyatakan harapannya agar turnamen esports semacam ini terus diadakan sebagai pendorong semangat yang lebih baik di masa depan.

“Kami berharap pertandingan seperti ini tidak hanya berlangsung pada periode ini, tetapi dapat diadakan satu sampai tiga kali dalam setahun jika memungkinkan,” ucapnya.

Sahtiar juga mengungkapkan kejutannya atas tingginya minat masyarakat, yang terlihat pada pembukaan turnamen pada 6 Agustus 2023 lalu.

“Minat yang luar biasa terlihat saat pembukaan kemarin, menunjukkan perkembangan signifikan di Anambas,” tuturnya.

Sementara itu, Khaidir, Ketua DPD KNPI Kabupaten Kepulauan Anambas, menjelaskan bahwa Turnamen Esports KNPI Cup 2023 merupakan bagian dari upaya DPD KNPI Anambas untuk menemukan bakat-bakat atlet esports lokal dan mendukung generasi muda Anambas meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

“Kami berharap ke depannya akan ada lebih banyak kegiatan serupa yang mendukung pemuda Anambas dalam berprestasi. Bersama-sama, kita sebagai generasi muda Anambas bisa membuktikan bahwa kami mampu berkontribusi,” katanya.

Ia juga menekankan pentingnya persatuan dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Ketua Esports Indonesia (ESI) Kabupaten Kepulauan Anambas, M. Ramadhan, mengucapkan selamat kepada para pemenang Turnamen Esports KNPI Cup 2023. Ramadhan berharap bahwa kegiatan ini akan menjadi tonggak sejarah dalam menghasilkan atlet-atlet esports berbakat yang mampu mengharumkan Kepulauan Anambas baik di level nasional maupun internasional.

“Kami berharap kegiatan serupa akan terus diadakan, lebih meriah, dan mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah serta donatur untuk terus memajukan esports di Kepulauan Anambas,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada KNPI Anambas, pemerintah daerah, dan para donatur atas dukungan mereka.

Turnamen Esports KNPI Cup 2023 menghasilkan pemenang, dimana Juara 1 diraih oleh tim GA ID, Juara 2 ditempati oleh tim 2EZ, dan Juara 3 diberikan kepada tim G2S.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Wan Rafi’i Rafata menjelaskan bahwa tujuan dari turnamen ini adalah untuk mengasah potensi dan menemukan bakat-bakat dari pemuda Kabupaten Kepulauan Anambas.

Esports, sebagai salah satu bentuk olahraga, tidak hanya melatih aspek mental, tetapi juga kecerdasan dan kerjasama dalam meraih kemenangan. KG/WNY