Wabup Anambas Buka Resmi Jambore Kader PKK 2023 dengan Tema Penanggulangan Stunting

Suasana Pembukaan Jambore Kader PKK tingkat KKA Tahun 2023, Kamis (19/10/2023). (Foto: kas)

ANAMBAS – Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, secara resmi membuka Jambore Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2023 di Gedung BPMS Tarempa pada Kamis (19/10/2023).

Kegiatan Jambore Kader PKK tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2023 ini bertemakan “Penanggulangan dan Pencegahan Stunting Melalui Pemberdayaan Keluarga, Menuju Keluarga Sejahtera.”

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Jambore Kader PKK tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2023 tersebut.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kader-kader PKK yang senantiasa aktif melaksanakan fungsi PKK baik tingkat kabupaten maupun kecamatan,” ucap Wan Zuhendra.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan Jambore PKK ini merupakan salah satu ajang dan upaya dalam menambah wawasan, pengetahuan, dan yang tak kalah penting adalah menjalin persaudaraan maupun persahabatan serta membangun kebersamaan di antara kader-kader PKK se-Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kader-kader PKK pada sepuluh kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Anambas ini tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda namun memiliki tujuan yang sama, untuk itu diperlukan kerjasama yang baik di antara kader-kader PKK se-Kabupaten Kepulauan Anambas ini,” ujarnya.

Ia juga meminta agar kader-kader PKK ini harus bisa merangkul masyarakat begitu juga dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang juga harus mampu berkolaborasi, mendukung serta merangkul organisasi PKK dengan saling bekerjasama.

“Peran kader PKK sebagai kader pembangunan berperan sebagai motivator yang tangguh untuk menyampaikan pesan pembangunan dan menggerakkan keluarga agar mau melaksanakan sepuluh program pokok PKK serta menunjang terwujudnya keluarga yang sehat dan sejahtera,” terangnya.

Wakil Bupati juga menekankan bahwa majunya PKK ini ditandai dengan partisipasi masyarakat yang artinya tidak cukup hanya pengurus saja yang berperan aktif dalam PKK ini tetapi juga harus melibatkan masyarakat didalamnya.

“Meningkatkan peran serta masyarakat didalam PKK ini, saling berbagi pengalaman dan wawasan akan membuat PKK ini menjadi lebih maju dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga program-program dan tujuan PKK dapat tercapai dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PKK Kabupaten Kepulauan Anambas, Heriyana, mengatakan pelaksanaan Jambore Kader PKK tingkat kabupaten ini dalam upaya meningkatkan wawasan, pengetahuan, persaudaraan, dan persahabatan yang dapat memotivasi para kader dalam menunjang terwujudnya keluarga yang sehat dan sejahtera.

“Melalui kegiatan lomba ini, diharapkan seluruh kader PKK yang ikut dalam kegiatan lomba untuk dapat menggali bakat-bakat yang terpendam serta menjalin silaturahmi antar kader di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas,” pungkasnya. (KG/Kas)