Bupati Aunur Rafiq Realisasikan Target Universal 100 Persen Air Bersih

Ketua DPRD Kabupaten Karimun, Muhammad Yusuf Sirat bersama Bupati Karimun, Aunur Rafiq meresmikan penyambungan pipa air bersih gratis program Perumda Tirta Mulia Karimun di kawasan Sungai Lakam Barat pada, Selasa (16/1/2024)

KARIMUN  – Bupati Karimun, Aunur Rafiq, secara resmi meluncurkan program sambungan air bersih gratis untuk masyarakat berpenghasilan rendah di kawasan Sungai Lakam Barat, Selasa pagi, 16 Januari 2024.

Sebanyak 314 sambungan baru air bersih ke rumah masyarakat diberikan secara gratis dengan bantuan pemasangannya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri). Program ini direalisasikan melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Mulia Karimun.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq, menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari target universal 100 persen untuk penyediaan air bersih, yang merupakan kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah. “Realisasi pemasangan sambungan air bersih ini dilakukan melalui program hibah air minum ini,” ujar Bupati Aunur Rafiq.

Selama delapan tahun terakhir, total 9.424 sambungan rumah telah terpasang. Bupati menekankan bahwa pemenuhan kebutuhan air bersih adalah hal yang krusial bagi kesejahteraan masyarakat. Dia menyatakan bahwa program ini memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dan mengapresiasi kerja sama dengan dinas PUPR.

Bupati menyoroti pentingnya ketersediaan air bersih dalam kuantitas dan kualitas yang memadai, serta mendorong Perumda untuk terus berinovasi dalam menjawab tantangan ke depan. Diketahui bahwa Perumda mencatat jumlah sambungan rumah gratis baik perkotaan maupun pedesaan sebanyak 675 sambungan rumah.

Bupati menargetkan optimalisasi sambungan baru untuk 300 rumah warga pada tahun 2024. Namun, ia menegaskan bahwa pemenuhan kebutuhan air bersih akan dilakukan secara bertahap, mengingat kondisi pompa yang belum optimal. “Tentunya kita akan terus mendorong program ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ke depannya,” tambahnya. kg/satria