Ini Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Tampung Ratusan Orang

Lift penumpang terbesar di dunia, yang ditempatkan di Gedung Jio World Center di Mumbai, India. (Foto: detik)

INDIA – Lift penumpang terbesar di dunia, yang ditempatkan di Gedung Jio World Center di Mumbai, India, memang sebuah inovasi luar biasa. Dipasang oleh perusahaan lift ternama asal Finlandia, KONE, lift ini tidak hanya memiliki ukuran yang mengesankan, tetapi juga kapasitas yang sangat besar.

Dengan luas mencapai 25,78 meter persegi, lift ini setara dengan sebuah apartemen tipe studio. Bobotnya mencapai 16 ton, didukung oleh sembilan kabel baja yang kokoh. Kapasitasnya bisa mencapai 235 orang sekaligus, membuatnya sangat cocok untuk mengakomodasi perpindahan orang dalam kelompok besar seperti tamu pernikahan atau pengunjung pameran di pusat konvensi.

Selain ukurannya yang besar, lift ini menawarkan pengalaman unik kepada para pengunjung. Dinding kaca memungkinkan mereka menikmati pemandangan panoramik dari kompleks dan taman-taman di sekitarnya. Interior lift ini dirancang dengan sangat mewah, dilengkapi pintu kaca empat panel, langit-langit kristal, serta dua sofa di dalamnya untuk kenyamanan penumpang.

Salah satu keunggulan utama lift ini adalah penggunaan sistem balok katrol yang inovatif, yang memastikan perjalanan yang lancar dengan kecepatan 1 meter per detik. Meskipun hanya beroperasi di lima lantai, lift ini memberikan kenyamanan dan keselamatan yang tinggi bagi para penumpangnya.

Amit Gossain, Managing Director KONE Elevators India, menyatakan kebanggaannya atas kolaborasi tim India dan para ahli proyek global dalam merancang dan membangun lift ini. Harga lift ini belum diungkapkan, tetapi mengingat dipesannya oleh Reliance Industries, perusahaan swasta terbesar di India, bisa dipastikan harganya cukup mahal. Namun, pengalaman unik dan keindahan desainnya tentu sepadan dengan investasinya. KG/red