Wan Zuhendra: Pendidikan Sebagai Pilar Utama Pembangunan di Anambas

Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra, S.A.P Menyerahkan Hadiah Pada Malam Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tahun 2023. (Foto: kas)

ANAMBAS – Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, S.A.P, memimpin acara Malam Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tahun 2023 di Gedung BPMS Siantan pada Sabtu, 25 November 2023.

Acara ini, diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten, bertujuan untuk menghargai peran penting para guru dalam menerapkan kurikulum merdeka.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Wan Zuhendra menegaskan bahwa pendidikan bukan hanya sebagai pilar pembangunan tetapi juga sebagai kunci keberhasilan suatu daerah.

Ia menyatakan komitmennya untuk memastikan pembangunan di sektor pendidikan sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Pendidikan memiliki peran krusial dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Komitmen pembangunan di tingkat pendidikan harus fokus pada kualitas pendidikan dan perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM),” ujar Wan Zuhendra.

Wakil Bupati juga mengajak Kepala Disdikpora Kabupaten untuk bersinergi dengan Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Ia menekankan pentingnya kerjasama antarstakeholder untuk mencapai hasil maksimal dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Malam ini kita merayakan harapan bahwa penerapan merdeka belajar mampu kita terapkan di seluruh aturan pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Disdikpora Kabupaten, Tony Karnain, menjelaskan bahwa lebih dari 20 kategori penghargaan akan diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan di 10 kecamatan.

Ia juga mencatat bahwa hampir semua sekolah di kabupaten tersebut telah melaksanakan kurikulum merdeka.

“Kurikulum merdeka tidak dipaksakan oleh pemerintah, namun di Anambas, untuk SMP sudah 100 persen melaksanakannya,” tandas Tony Karnain.

Dengan harapan bahwa malam apresiasi ini dapat memacu motivasi para pendidik dan tenaga kependidikan, Kabupaten Kepulauan Anambas terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui pendekatan merdeka belajar. (KG/Kas)