Cen Sui Lan Dorong Revitalisasi Pulau Penyengat Tahun 2022 Sebagai Cagar Budaya

 

 

Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri.

JAKARTA (Kepriglobal.com) – Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menaruh hati pada Pulau Penyengat, yang pernah diusulkan sebagai warisan budaya dunia atau world culture heritage ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada masa mantan Gubernur Kepri, HM Sani.

Sebagai keseriusan Cen Sui Lan terhadap Pulau Penyengat, dirinya meminta revitalisasi Pulau Penyengat berdesain (bermodel) destinasi (daerah) tujuan wisata yang andal. Namun, desain atau rancangan itu tidak menghilangkan rancangan induk dengan nilai cagar budaya aslinya.

Konsep dan desain revitalisasi Pulau Penyengat tersebut disampaikan Cen Sui Lan, saat rapat dengar pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), SekJen BPIW, Irjen BPIW, serta Kepala BPSDM Kementerian PUPR, Senin (30/8/2021) lalu.

Dalam RDP tersebut, Cen Sui Lan kembali meminta Kepala BPIW Kementerian PUPR Rahman Arief Dieanaputra, untuk memasukan perencanaan terpadu Pulau Penyengat di Kota Tanjungpinang, melalui kegiatan revitalisasi sebagai cagar budaya tersebut.

Sehingga pihak Ditjen Cipta Karya dan Ditjen Perumahan dan Ditjen-Ditjen lain, secara terintegrasi bisa mendesain sesuai rencana induk yang sudah dibuat BPIW. Cen Sui Lan juga meminta agar program terpadu Pulau Penyengat masuk dalam tahun anggaran 2022.

“Sehingga nanti, Pulau Penyengat sebagai destinasi yang mempunyai fasilitas memadai dan andal. Pulau Penyengat bisa berkembang, sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Semua itu sudah saya sampaikan dalam RDP,” kata Cen Sui Lan, Kamis (2/9/2021). (KG/PAN)