Bupati Anambas Buka Rakor Peningkatan Potensi dan Peluang Investasi

Foto Bersama Saat Acara Rakor untuk Peningkatan Potensi dan Peluang Investasi di Anambas. (Foto: kas)

ANAMBAS – Bupati Kepulauan Anambas, H. Abdul Haris, S.H., M.H, hadir untuk membuka secara resmi rapat koordinasi (rakor) yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan memajukan potensi serta peluang investasi di wilayah ini, pada hari Selasa, 17 Oktober 2023.

Dalam sambutannya, Bupati Abdul Haris menjelaskan bahwa pemetaan potensi investasi menjadi langkah strategis dalam merencanakan pembangunan daerah. Hal ini diharapkan dapat membantu Kabupaten Kepulauan Anambas mengeksplorasi dan menetapkan prioritas potensi yang akan dikembangkan.

“Investasi memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, baik di tingkat nasional maupun daerah, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi kami untuk memberikan informasi yang jelas dan spesifik kepada calon investor mengenai peluang investasi yang ada,” ujar Bupati Abdul Haris.

Bupati juga memberikan penjelasan tentang investasi sebagai penanaman modal dalam berbagai bidang usaha dengan jangka waktu yang relatif panjang.

Salah satu peluang investasi yang disorot adalah pendirian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), mengingat tingginya permintaan akan Bahan Bakar Minyak (BBM) di daerah ini, seiring dengan perkembangan ekonomi dan jumlah kendaraan yang terus bertambah.

“Investasi dalam mendirikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) merupakan upaya jangka panjang dan memerlukan penggunaan modal yang signifikan. Meskipun bisnis SPBU potensial menguntungkan, para calon investor perlu melakukan analisis yang matang sebelum memulai bisnis ini,” tambahnya.

Abdul Haris juga menyampaikan, dalam rangka memudahkan investor yang berminat, Pemerintah Daerah telah menerbitkan Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2021 yang memberikan insentif dan kemudahan investasi berdasarkan prinsip-prinsip kepastian hukum, kesetaraan, transparansi, akuntabilitas, efektivitas, dan efisiensi.

“Untuk itu, saya berharap Rakor ini akan menjadi tonggak penting dalam memajukan investasi di Kabupaten Kepulauan Anambas, menciptakan peluang bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas,” harap Abdul Haris. (KG/Kas)